Berada >>

Visi dan Misi

A. Visi

Visi adalah gambaran mengenai kondisi ideal yang diinginkan stakeholders pada masa yang akan datang. Dengan Visi yang jelas, akan menjadi petunjuk bagi setiap jajaran (stakeholders) di Kabupaten Lamandau dalam menyongsong masa depan. Visi akan menentukan arah “akan dibawa kemana” Kabupaten Barito Timur  dalam  akhir  perencanaan pembangunan.

Visi Kabupaten Barito Timur tidak lepas dari Visi yang dirumuskan secara Nasional dalam RPJM-N Tahun 2009 - 2014 yaitu :

 Terwujudnya Indonesiayang Sejahtera, Demokratisdan Berkeadilan“.

Selanjutnya disinkronkan dengan Visi Provinsi Kalimantan Tengah seperti tertuang dalam RPJM-D Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2010-2015 yaitu :

“Meneruskan dan Menuntaskan Pembangunan Kalimantan Tengah agar Rakyat Lebih Sejahtera dan Bermartabat  Demi Kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”

Berdasarkan kondisi dan potensi daerah serta prakiraan akan tantangan dan peluang di masa depan, maka Visi Pembangunan Daerah Jangka Menengah Daerah Kabupaten Barito Timur Tahun 2013 - 2018, adalah :

" Terwujudnya Barito Timur yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera melalui Pemerintahan yang Amanah, Bersih, Berwibawa dengan Berorientasi Ekonomi Kerakyatan".

 

B. Misi

Dalam rangka pencapaian visi daerah tersebut diatas, ditempuh melalui misi daerah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan Pemerintahan Daerah yang Baik, Efektif, Efisien, Transparan dan Bertanggungjawab.
  2. Membangun dan Meningkatkan Infrastruktur Jalan Jembatan untuk menunjang Pelayanan Kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan, serta Percepatan Pembangunan Desa melalui Konsep Mandiri Pedesaan ( Ngamuan Tumpuk ) dengan pola Transparan dan Aspiratif.
  3. Meningkatkan Penataan Kesehatan Masyarakat, meliputi Penyediaan Pelayanan Kesehatan Dasar, Peningkatan Kualitas/Kuantitas Tenaga Kesehatan.
  4. Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia, melalui Peningkatan Mutu Pendidikan (penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, buku pelajaran dan kualitas tenaga pengajar).
  5. Pengembangkan Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perkebunan dan Kearifan Lokal Masyarakat dengan Berwawasan Lingkungan yang Berkelanjutan.
  6. Pemberdayaan Masyarakat melalui Konsep Ekonomi Kerakyatan melalui Koperasi UMKM.
  7. Pembinaan Umat Beragama, Pemuda, Olah Raga dan Seni Budaya.