Tiongkok minta Saudi dan Iran menahan diri

By 12 Jan 2016, 04:43:57 WIBInternasional

Tiongkok minta Saudi dan Iran menahan diri

Beijing (ANTARA News) - Utusan Tiongkok yang mengunjungi Arab Saudi dan Iran selama pekan terakhir ini untuk menyeru kedua belah pihak menciptakan ketenangan dan menahan diri di tengah permusuhan yang tengah terjadi antara kedua negara.

Dalam pernyataan terpisah pada laman resminya, Kementerian Luar Negeri Tiongkok memnyatakan Wakil Menteri Luar Negeri Zhang Ming telah bertemu dengan para pejabat senior Saudi dan Iran.

Di Saudi, Zhang membahas situasi antara Arab Saudi dan Iran serta berharap kedua belah pihak menciptakan ketenangan dan menahan diri dengan memajukan dialog dan konsultasi serta bersama-sama mempromosikan peredaan situasi.

Di Iran, Zhang mengulangi pesan mengenai ketenangan dan menahan diri ini, dengan menambahkan bahwa Tiongkok berharap tercipta perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Kedua negara menyampaikan apresiasinya kepada peran Tiongkok di kawasan ini.

Selain bergantung minyak kepada kawasan ini, Tiongkok cenderung menyerahkan diplomasi Timur Tengah kepada empat anggota tetap DK PBB lainnya yakni AS, Inggris, Rusia dan Prancis.

Namun Tiongkok belakangan aktif dalam diplomasi kawasan, khususnya dalam soal Suriah, dengan baru-baru ini menuanrumahi pertemuan para menteri luar negeri dan kalangan oposisi, demikian Reuters.

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/539254/tiongkok-minta-saudi-dan-iran-menahan-diri


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu