PENYERAHAN HEWAN TERNAK SAPI DIHIBAHKAN KEPADA PETANI DAN PERKEBUNAN DI DESA MANGKARAP

By Sarifulah 19 Apr 2017, 19:19:58 WIBEksekutif

PENYERAHAN HEWAN TERNAK SAPI DIHIBAHKAN KEPADA PETANI DAN PERKEBUNAN DI DESA MANGKARAP

Tamiang Layang, Diskominfo - Kabupaten Barito Timur memiliki tiga unsur komponen yang kuat yaitu bidang Pertanian, Perkebunan dan Perternakan, dengan ketiga bidang ini pemerintah daerah berkeyakinan pola pembinaan yang baik dapat membuka lapangan pekerjaan, khususnya bagi pemuda.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, didampingi Kadis Pertanian Kab. Bartim Ir.Riza Rahmadi, MM. mengatakan, “untuk membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda tani baik di bidang perkebunan maupun peternakan, pada tahun 2018 nanti setiap pedesaan paling tidak harus memiliki 5 orang penyuluh pertanian agar pemuda bisa mengembangkan usahanya dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Jika ditahun 2017 ini tersedia alokasi anggaran perubahan maka pada tahun ini juga akan dilaksanakan, pangkasnya”.

Berkenaan dengan ini, penyerahan hewan ternak sapi ini adalah bagian dari upaya memotivasi para Pemuda Tani, karena pembudidayaan ternak sapi sangat banyak manfaatnya, misalnya kotorannya bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk. Pada kesempatan ini ternak hewan sapi dihibahkan oleh pemerintah daerah kepada Pemuda Tani Desa Mangkarap kecamatan Dusun Timur dan Desa Siung Kecamatan Paju Epat,(7/4).

Selain dari pada itu, perkebunan cabe juga menjadi pilihan pemuda Desa Mangkarap, karena cabe sangat cocok ditanam di tanah gambut dan beriklim tropis dengan suhu sejuk, dan disamping itu juga cabe sangat mudah untuk dijual karena permintaan pasar selalu lebih besar dari ketersediaan, baik cabe kriting maupun cabe rawit. Apalagi sekarang ini rata-rata harga cabe kian semakin mahal.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, menambahkan lagi program pemerintah daerah di Tahun 2017 ini, setiap desa yang berminat untuk berternak hewan unggas, sekitar 100 ekor hewan unggas jenis itik akan dihibahkan kepada para petani dan peternak untuk dibudidayakan. Dengan demikian diharapkan akan menambah perekonomian masyarakat Bartim, imbuhnya.(sp/ed-FA).


Video Terkait:


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu