MASYARAKAT DIIMBAU JAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

By Sarifulah 12 Mar 2017, 12:52:24 WIBEksekutif

MASYARAKAT DIIMBAU JAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

TAMIANG LAYANG - Wakil Bupati Barito Timur Suriansyah menghimbau masyarakat di kabupaten setempat untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satunya memperhatikan sanitasi.

"Setiap rumah diharapkan sarana mandi cuci kakus yang memadai supaya kebersihan peribadi lebih teratur dan tidak terkesan sembarangan, "kata Suriansyah, belum lama ini, di Tamiang Layang. Menurut Wakil Bupati H. Suriansyah, perilaku tersebut lebih efektif dalam meminimalisir potensi penyakit seperti diare dan beragam penyakit lain akibat lingkungan kotor.

Warga juga diharapkan menjaga fasilitas seperti sumur bersih dan senitasi umum yang dibangun pemerintah. Merawatnya secara berkala dan memperbaiki kerusakan kecil melalui usaha swadaya. Masyarakat hendaknya menanamkan sikap memiliki terhadap fasilitas umum tersebut, sehingga lahir sikap menjaga dan merawat sarana yang ada, " Kata Suriansyah di sela kegiatannya, belum lama tadi.

Wakil Bupati H. Suriansyah  mengungkapkan, senantiasa memiliki manfaat luar biasa bagi kehidupan. bukan hanya dari sisi kesehatan saja, malainkan ke tingkat produktivitas lain. dicontohkan, sanitasi yang baik dan perbaikan kualitas air minum memadai dapat menurunkan kasus diare yang akan mengurani jumlah hari tidak masuk sekolah dan tidak masuk kerja. Hal itu tentunya berdampak pada optimalisasi program pendidikan maupun kesempatan meningkatkan pendapatan.

"Sanitasi dapat dimulai dari penerapan stop buang air besar sembarangan, mencuci tangan dengan sabun, pengolahan makanan rumah tangga yang sehat, serta perhatian terhadap limbah cair dan padat yang mungkin merugikan kesegatan peribadi dan lingkungan, "jelasnya.

Disamping memperhatikan sanitasi, dirinya turut mengajak masyarakat melaksanakan penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Penerapan hendaknya dimulai dari lingkup terkecil dalam masyarakat, yakni pribadi masing-masing.

"Menjaga Kesehatan pribadi maupun lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Sebaik apapun sarana yang disiapkan pemerintah takkan bermanfaat optimal tanpa kesadaran dan dukungan aktif masyarakat," tandasnya. (Sp).


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu