DBD Meluas tapi belum KLB Nasional

By 02 Feb 2016, 10:32:10 WIBKesehatan

DBD Meluas tapi belum KLB Nasional

Jakarta. Angka kejadian luar biasa demam berdarah dengue (KLB DBD) pada awal 2016 di Indonesia terus meningkat. Saat ini, tercatat 26 daerah melaporkan status KLB DBD.

Namun, belum ada penetapan KLB nasional. Pendapat itu disampaikan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan Subuh, Biro Komunikasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Achmad Dimas, dan ahli penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam, saat dihubungi secara terpisah, di Jakarta, kemarin.

Menurut Subuh, Kemenkes masih fokus pada koordinasi dan penanganan DBD di setiap daerah di Indonesia. Dari 26 daerah yang KLB, provinsi terparah ialah Jawa Timur (Jatim). Dinas Kesehatan setempat melaporkan terdapat 1.817 kasus DBD di 15 wilayah di Jatim hingga 27 Januari lalu. Jumlah tersebut meningkat hingga 46 persen ketimbang bulan yang sama di 2014, yaitu 980 kasus.

Menanggapi hal itu, Subuh mengatakan pihaknya terus memantau dan siaga untuk memberi bantuan teknis kepada dinkes setiap daerah.

Sementara itu, di Provinsi DKI Jakarta, hingga 31 Januari 2016, tercatat terjadi 611 kasus DBD. Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014, yakni sejumlah 443 kasus.

Meski demikian, hingga saat ini status KLB di Ibu Kota belum ditetapkan. "Koordinasi juga terus dilakukan dengan rumah sakit, mereka berkala melaporkan terus," ujar Dimas.

Di tempat terpisah, Ari Fahrial Syam mengatakan penjagaan kebersihan masyarakat di rumah dan lingkungan masih menjadi upaya utama yang harus dilakukan.

Di sisi lain, pasien DBD di RSUD Indramayu, Jawa Barat, dilaporkan membludak, sehingga tempat tidur di rumah sakit itu penuh.

Berdasarkan pantauan, belasan pasien anak penderita DBD terpaksa dirawat di lorong rumah sakit itu. Mereka terpaksa dirawat dengan menggunakan velbed.

Di Riau, jumlah pasien DBD meningkat mencapai 281, empat di antaranya meninggal dunia. Korban meninggal akibat DBD juga terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan di Brebes, Jawa Tengah. Sementara itu, di Kupang, NTT, dan Bangka Belitung juga terjadi peningkatan jumlah pasien DBD.

Sumber : http://news.metrotvnews.com


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu