Bartim Cetak 13.200 Hektar Lahan Pertanian

By Sarifulah 02 Mar 2017, 18:01:03 WIBEksekutif

Bartim Cetak 13.200 Hektar Lahan Pertanian

Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas untuk mendukung program swasembada beras. Sehingga Bartim menjadi salah satu pendukung program tersebut dengan mencapaian surplus, tersebut dengan capaian surplus beras terbesar di Kalimantang khususnya di Kalteng. Selama Tahun 2016, Dinas Pertanian (sebelumnya Dinas Pertanian Perikanan dan Perternakan) Kabupaten Barito Timur (Bartim) berhasil mencetak lahan pertanian seluas 13.200 hektar yang terbesar diseluruh Kecamatan di daerah itu.

Dari 13.200 hektar lahan pertanian tersebut, ada 5.000 hektar lahan sawah padi yang dibangun melalui Dinas Pertanian dan ditambah lahan pertanian swadaya masyarakat. Untuk mendukung kegiatan tersebut ditambag dengan pengadaan traktor roda empat untuk meningkatkan penggarapan lahan pertanian sawah. Tidak hanya itu saja,  jelas dia, pengadaan traktor juga dilihat dari minat pemuda yang kurang meminati bersawah untuk menanam padi, yang berdampak pada  petani padi sawah. Hal ini merupakan upaya antisipasi terjadinya stagnasi penggarapan sawah.

Jika dibantu dengan traktor besar, maka waktu untuk menggarap lahan sawah bisa dioptimalkan. contoh pada satu hektar lahan sawa. jika digarap secara manual akan memakan waktu yang lama. Sementara menggunakan traktor bisa cepat sehingga bisa menggarap lahan sawah lainnya lagi, Demikian Riza. (ant.Sp.)


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu